Kegunaan Jeruk Nipis Untuk Bersihkan Peralatan Dapur

Jeruk nipis termasuk salah satu bahan yang selalu dibutuhkan saat memasak. Bahkan selain untuk memasak, jeruk nipis juga banyak digunakan untuk membersihkan peralatan masak dan dapur sederhana. Murah, mudah didapatkan, jeruk nipis juga efisien dalam penggunaannya.

kegunaan-jeruk-nipis-untuk-bersihkan-peralatan-dapur.jpg

Bukan hanya bisa menghilangkan lemak dan bekas makanan pada piring makan, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk membersihkan berbagai peralatan dapur yang digunakan untuk sehari-hari. Sebenarnya jeruk nipis bisa digunakan untuk membersihkan apa saja?

Membersihkan Wastafel

Potongan jeruk nipis dapat digunakan untuk membersihkan wastafel yang terkena noda dan bekas masakan. Caranya pun hanya dengan menggosokkan irisan jeruk nipis pada wastafel sebelum kemudian membilasnya hingga bersih. Maka setelah itu wastafel bukan hanya akan bersih, tapi juga lebih wangi dengan aroma jeruk nipis.

Membuat Peralatan Masak Lebih Mengkilap

Noda gosong pada peralatan masak memang sangat mengganggu. Untuk menghilangkannya, jeruk nipis dapat digunakan dengan cara menggosokkannya pada permukaan peralatan masak yang akan dibersihkan. Tak hanya bisa membantu menghilangkan noda gosong pada peralatan masak, jeruk nipis juga dapat membuat peralatan masak yang memiliki bahan stainless steel dan aluminium menjadi lebih berkilau.

Pembersih Alami Serba Guna

Campuran perasan jeruk nipis, air dan cuka yang diletakkan dalam sebuah botol spray bisa digunakan sebagai bahan pembersih alami yang serba guna. Campuran cairan ini pun bisa digunakan untuk membersihkan permukaan meja makan, lemari penyimpanan di dapur, rak piring serta berbagai perabotan dapur lainnya.

Untuk Membersihkan Kulkas

Kulkas juga termasuk bagian dapur yang bisa dibersihkan menggunakan jeruk nipis. Caranya dengan mengeluarkan semua isi dari dalam kulkas kemudian menggosokkan potongan jeruk nipis ke seluruh bagian dalam kulkas. Setelah dibiarkan untuk beberapa saat, kulkas pun bisa kembali dibersihkan dengan menggunakan kain lap kering hingga benar-benar bersih.

Tatakan Kompor

Taburkan garam ke atas potongan jeruk nipis, kemudian gosokkan pada tatakan kompor yang biasanya digunakan memasak. Tatakan kompor yang sering digunakan biasanya meninggalkan noda gosong, dan noda gosong tersebut bisa dibersihkan menggunakan potongan jeruk nipis.

Baca juga: Cara mencari kurus online terbaik

Manfaat jeruk nipis untuk membersihkan peralatan dapur ternyata cukup banyak ya?

Leave a comment