Setelah Lulus – Seorang Fresh graduate Harus Lakukan Ini Untuk Karir Yang Cerah

Kebanyakan para fresh graduate bingung setelah lulus kuliah. mau cari kerja bagaimana caranya. atau mau kerja dimana, kerja apa, dan berbagai kebingungan lainnya.

fresh-graduate-cari-kerja.png

Daripada makin bingung simak beberapa hal yang bisa dilakukan seorang Fresh Gradute untuk karir mereka.

Cari Kerja

Cari kerja tidak melulu harus ke perusahaan yang bonafit, kamu bisa cari di berbagai perusahaan baik yang masih baru (startup) atau yang sudah establish.

Kumpulkan Pengalaman

Tidak perlu gengsi kerja dimana, selama pekerjaan itu halal kamu ambil saja. karena biasanya fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja akan lebih sulit mencari pekerjaan. jadi sebagai batu lompatan ambil berbagai bidang pekerjaan yang masih relevan dengan bidag kamu.

Buat CV Lamaran Kerja Yang Menarik

Jangan pernah sepelekan CV lamaran kerja kamu, karena CV kamu yang akan membuat kamu bisa lolos untuk tahap interview atau tidak. kamu bisa buat CV lamaran semenarik mungkin.

Berdasarkan postingan Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik oleh topkarir.com bisa diambil poin pentingnya yakni, untuk membuat CV yang menarik harus memiliki 4 poin penting yaitu,

  1. Layout yang menarik
  2. Warna yang eyecatching
  3. Isi CV Lamaran yang padat dan berisi
  4. Original

Ambil Kursus

Kalau masih ingin mengasah skill kamu, kamu bisa ambil beberapa kursus yang sesuai dengan bidang atau passion kamu.

Misal kamu ingin ambil kursus pajak Bravet A dan B atau kursu Cisco dan sebagainya. hal ini guna membuat kamu semakin punya skill yang bisa memberikan nilai tambah saat mencari kerja nanti.

Bisnis

Kalau kamu lebih tertarik untuk bisnis tidak ada salahnya kamu fokus membangun bisnis yang ingin kamu kembangkan. karena segala sesuatu yang di fokuskan akan matang pada waktunya.

Apalagi sekarang ini sudah banyak binsis yang hanya modal facebook fanspage. dari situ bisa jualan tanpa harus stok barang, atau disebut juga dengan sistem dropship.

Atau kalau tertarik kamu bisa bisnis kuliner, beberapa inspirasi bisnis kuliner bisa kamu baca disini >> Bisnis Kuliner Yang Hits Saat ini

Itu dia hal-hal yang wajib para fresh graduate ketahui agar bisa melanjutkan lagnkahnya untuk masa depan yang lebih cerah.

Semoga bermanfaat ya ^_^

Leave a comment